Prakata

Pengenalan Proyek

Kursus Audio Multimedia ini merupakan kursus Sound Engineering, suatu bidang yang terus berkembang menjadi berbagai sektor terspesialisasi. Kursus ini berusaha menawarkan pemahaman selengkap mungkin dari semua aspek yang terlibat dalam disiplin ini, dengan penekanan ketika perlu pada deskripsi topik-topik tertentu yang kandungan sebenarnya membutuhkan kursus tersendiri. Pemilihan penyusunan kursus menggunakan pendekatan multimedia bergantung kepada fakta bahwa pemahaman yang lebih dalam mengenai suara berhubungan langsung dengan mendengarkan suara itu sendiri. Dalam hal ini, metode pendidikan yang paling efisien adalah komputer, yang memungkinkan pemasukan sampel suara dan juga penggunaan konten secara interaktif. Tujuan ini tidak bisa dicapai melalui media tertulis saja, sehingga pendekatan multimedia digunakan sepenuhnya meliputi: teks, gambar, skema, dan suara. Memori teks dalam format digital juga memungkinkan hubungan silang antara berbagai topik, menciptakan kesatuan hiperteks dimana pembaca mampu pindah dengan mudah dari satu topik ke topik lainnya.

Deskripsi Kursus

Sound Engineering merupakan subjek pembelajaran yang luas dan terus berkembang. Mengandung semua teknologi yang digunakan untuk pengolahan sinyal suara. Ringkasan kursus ini mengilustrasikan dengan detail teknik dan peralatan yang digunakan untuk ruang lingkup ini dalam berbagai konteks kerja. Bagian pertama kursus ini membahas fisika suara, tingkah lakunya dan interpretasi oleh alat pendengar (Bab 1 dan 2). Setelahnya dilanjutkan dengan bagian mengenai pemahaman matematis dan elektronis dasar, penting untuk pemahaman topik-topik berikutnya (Bab 3 dan 4). Selanjutnya kita menganalisa dan mendeskripsikan mesin-mesin yang digunakan dalam pekerjaan audio: equaliser, filter, recorder, effect dan signal processor, kabel, loudspeaker (Bab 5, 6, 7, 8, dan 9). Berikutnya adalah bagian yang ekstensif mengenai deskripsi microphone dan teknik-teknik utama penggunaan microphone (Bab 10). Bagian selanjutnya teknik yang digunakan dalam produksi musik dideskripsikan, khususnya penggunaan dalam recording studio dan realisasi konser (Bab 11, 12, dan 13). Kursus berlanjut dengan analisis detail serangkaian topik yang telah dibahas di bab sebelumnya: amplifikasi, akustik lingkungan, noise, sinkronisasi (Bab 14, 15, 16, 17). Terakhir, kita melihat topik-topik yang perlu untuk pemahaman secara umum mengenai: audio digital, digital sound support, protokol MIDI, audio 3D (Bab 18, 19, 20, dan 21). Kursus dilengkapi dengan tiga lampiran. Pertama (Dimensi Fisik) terdiri dari tabel yang meringkas dimensi fisik yang diungkit sepanjang kursus. Kedua (audio di Internet) menyajikan daftar link (lebih dari 5000) ke situs Internet yang membahas audio sebagai topik utama. Daftar ini dibagi menurut urutan abjad. Ketiga (General MIDI) membahas mengenai aspek spesifik tentang protokol General MIDI.

Sasaran Kursus

Tingkat detail yang tinggi dari topik-topik yang dibahas di dalam kursus memungkinkan terjadinya berbagai tingkatan pemahaman. Mengingat kerumitan dari topik-topik tertentu dan kebutuhan mempraktikkan pemahaman dan menyerap dengan baik seluruh kurses, dibutuhkan pembacaan yang teliti dan sistematis, juga kemungkinan mempraktikkan pemahaman yang telah didapat secara langsung, dan seorang fasilitator untuk mengintegrasikan penjelasan yang terdapat dalam teks. Kursus ditujukan kepada semua peserta yang ingin menjadi seorang profesional di bidang Sound Engineering. Namun, pembacaan yang lebih umum berbagai bagian juga bisa dilakukan untuk menyelidiki topik tertentu sesuai kebutuhan, sehingga memperluas bidang baca peserta. Dalam konteks ini, kursus ditujukan kepada peserta yang memiliki hasrat untuk musik, yang memainkan instrumen musik, atau yang tertarik terhadap produksi musik. Untuk peserta jenis ini, kursus ini menyediakan kemungkinan dan stimulus untuk melihat di balik layar pembuatan video klip, majalah, dan konser: suatu pengalaman yang tidak dapat diakses untuk mereka yang tidak memilih karir di bidang ini.

One response to “Prakata

  1. dear pak saya sangat berterima kasih atas pengetahuan yg di bagikan di web ini…semoga Tuhan membalas kebaiakan bapak…yg telah berbagi di web ini…di tunggu di share berikutnya.
    thanks…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s