2.9 Psychoacoustic

Psikoakustik mempelajari cara otak menerjemahkan suara. Pengetahuan yang baik tentang mekanisme ini sangat diperlukan dalam sound engineering, dimana dengan manipulasi yang tepat, dapat dihasilkan efek suara yang sangat rumit. Salah satu faktor yang penting ketika memproses suara adalah otak menerjemahkan dua saluran informasi suara sekaligus; yang masuk telinga kiri dan yang masuk telinga kanan. Terkadang, perbedaan (tipis) antara kedua sinyal inilah yang menghadirkan informasi baru yang terasosiasi dengan komposisi dua gelombang suara. Dalam kasus ini kita berbicara mengenai suara stereophonic sound. Ketika kedua sinyal tiba pada saat yang tepat sama disebut monophonic sound.

2.9.1 Lingkungan

Suara dari suatu instrumen berubah sebagai fungsi dari lingkungan. Seluruh pantulan awal masuk ke zona Haas dan memberikan karakter kepada aspek “ruangan” dari instrumen.

2.9.2 Supresi pewarnaan

Dua sinyal yang datang dari sumber suara yang sama menciptakan perbedaan fase yang diinterpretasikan oleh otak. Jika sinyal ini didengar melalui satu telinga saja, ia akan terdengar tidak menyenangkan, sedangkan ketika didengar melalui kedua telinga akan menciptakan efek yang menyenangkan.

2.9.3 Ilusi oktaf

Kita telah melihat bahwa ketika suatu not yang dimainkan, muncul frekuensi fundamental beserta harmoniknya. Otak mampu merekonstruksi frekuensi fundamental dengan hanya mendengar harmoniknya saja. Sebagai contoh suatu radio pantai memiliki speaker yang kecil dan sedang memainkan lagu hit terbaru. Radio tersebut memainkan lagu dengan pita frekuensi yang sangat tereduksi tetapi telinga masih bisa mendengar kandungan bass dikarenakan kemampuan otak merekonstruksi frekuensi fundamental berdasarkan informasi harmoniknya.

2.9.4 Cocktail party effect

Cocktail party effect atau efek pesta cocktail adalah kemampuan otak untuk mendengarkan satu sinyal spesifik diantara sekumpulan suara yang tumpang tindih. Sebaga contoh ketika kita pergi keluar untuk makan malam di restoran favorit yang sedang ramai. Meskipun ada suara latar belakang yang ramai dan tidak jelas, kita masih bisa mendengar atau merinci suatu suara spesifik diantara kerumunan suara tersebut, seperti perbincangan yang terjadi di meja lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s