3.9 Phonometer

3.9.1 dBspl meter

Umumnya phonometer memiliki mikrofon yang sangat sensitif dan terkalibrasi agar menangkap tingkat tekanan suara dengan respons yang sama seperti telinga manusia. Biasanya terdapat suatu tombol yang dapat mengubah respons terhadap suara, sehingga mengaktifkan sirkuit-sirkuit yang berbeda:

Circuit A: kurva respons dari sirkuit ini mewakili kurva isofonik telinga manusia pada 40 phons dan memungkinkan pengukuran tingkat tekanan suara menengah seperti pada pembicaraan normal. Pengukuran menggunakan sirkuit ini dinyatakan dalam dB-A.

Circuit B: kurva respons dari sirkuit ini mewakili kurva respons telinga manusia pada 70 phon. Ideal untuk mengukur tingkat tekanan antara 55 hingga 85 dBspl. Pengukuran menggunakan sirkuit ini dinyatakan dalam dB-B.

Circuit C: mengaktivasi suatu sirkuit dengan kurva respons yang rata. Ideal untuk mengukur nilai lebih dari 85 dBspl (terkadang ada sirkuit tipe D untuk mengukur tingkat tekanan suara yang sangat tinggi). Pengukuran menggunakan sirkuit ini dinyatakan dalam dB-C.

3.9.2 VU meter

Nilai 0 pada Vu meter selalu mengindikasi SOL, sehingga dalam peralatan profesional ini berarti +4 dBu (1,2V) sedangkan untuk Hi-Fi -10dBu (0,25V). Vu meter mengukur RMS (Root Mean Square) dari suatu signal, atau dengan kata lain nilai efektifnya, dan digunakan untuk peralatan analog, terutama untuk perekam. Meter ini tidak dirancang untuk mengukur semua transien dari sinyal dikarenakan inersia massa dari jarum penunjuknya.

3.9.3 PPM Meter

PPM adalah singkatan untuk Peak Program Meter, dan seperti namanya, memberikan pengukuran peak dari sinyal dan bukan nilai efektifnya. Meter ini mengikuti semua transien sinyal dan terutama digunakan mengukur sinyal digital. Unit pengukurannya adalah dBfs (dB Full Scale).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s