7.16 De-Esser

Kata de-esser berarti eliminasi suara “sss” yang mengganggu dalam rekaman vokal ketika konsonan yang mengandung frekuensi tinggi, seperti “s”, diucapkan. Suara “sss” atau hiss terjadi karena sinyal terjenuhkan oleh frekuensi konsonan sehingga terjadi distorsi. Tindakan solusi termasuk mengekualisasi frekuensi yang menganggu. Namun, solusi ini tidak efektif karena mengakibatkan perubahan pada kandung frekuensi secara keseluruhan dalam rekaman, sehingga merusaknya! Proses de-essing yang tepat menggunakan kompresor yang digabung dengan ekualiser, seperti dalam diagram berikut:

Gambar 7.20 Diagram de-esser

Sinyal asli melalui ekualiser yang memperbesar frekuensi “s” lebih tinggi, dan menurunkan frekuensi lainnya secara drastis.

Gambar 7.21 Ekualisasi sinyal input

Sinyal yang keluar ekualiser hanya memiliki amplitudo yang relevan ketika terjadi suara “s”. Sinyal ini dikirimkan ke input sidechain kompresor, sehingga teraktivasi hanya ketika terjadi “s”. Setiap kali ada “s”, sinyal dari ekualiser melebihi threshold pada kompresor, yang teraktivasi dan mengkompres level vokal, sehingga mencegah penjenuhan. Setelah suara “s” hilang, level vokal kembali ke level semula.

2 responses to “7.16 De-Esser

  1. Thx berat utk penjelasannya. Saya jadi ngerti tentang penggunaan kompresor walau masih dibilang sangat awal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s