7.18 Gate

Rangkaian gate membiarkan sinyal input mencapai output hanya jika amplitudonya lebih besar dari threshold yang terpasang. Kendali yang ada pada gate mirip dengan kompresor.

Threshold: diatas threshold, sinyal mencapai output. Dibawah threshold sinyal diblokir, atau lebih tepatnya diatenuasi dengan sangat kuat.

Range floor: menyatakan jumlah atenuasi yang terjadi (terukur dalam dB). Nilai lebih dari -50 dB secara praktis berarti menutup total gate (kendali ini sama dengan kendali rasio pada kompresor).

Attack time: jumlah waktu hingga gate terbuka ketika sinyal melebihi threshold.

Hold time: jumlah waktu gate terbuka, bahkan setelah sinyal kembali ke bawah threshold.

7.18.1 Kegunaan gate

Pembersihan suara drum: bayangkan suara yang tertangkap mikrofon perekam drum kit. Setiap mikrofon menangkap suara komponen drum kit yang berada di depannya tetapi juga menangkap suara komponen lainnya (fenomena ini disebut leaking). Semua gangguan ini beresiko merusak suara keseluruhan karena setiap komponen diekualisasi menurut karakteristiknya masing-masing. Ketika ekualisasi komponen, suara background akibat leaking terekualisasi secara salah karena setting EQ dibuat untuk suara komponen yang tertangkap, bukan untuk suara di sekitarnya. Hal ini menambah frekuensi tak diinginkan dalam mix. Untuk menyingkirkan noise ini, setiap sinyal dilalui gate yang memblokir bila sinyal yang diinginkan sedang tidak dimainkan. Ini bisa membersihkan leaking meski tidak semuanya. Justru saat komponen dimainkan, sinyal dibiarkan lewat bersama-sama dengan background noise. Namun, karena suara komponen utama dominan, maka suara lainnya cenderung tertutupi.

Pembersihan noise: gate efektif terhadap sinyal apapun yang mengandung background noise atau hiss untuk mengurangi suara-suara ini ketika sinyal absen.

Penguatan kick drum dengan osilator: terkadang suara kick drum terekam melempem. Apakah salah mikrofon, atau posisi yang salah? Suara instrumen atau musisinya? Salah satu cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menambah beberapa frekuensi rendah yang hilang pada suara kick drum. Bisa dilakukan dengan konfigurasi berikut:

Gambar 7.23 Penguatan kick drum dengan osilator

Osilator berfungsi menambahkan frekuensi yang kita inginkan ke kick drum. Frekuensi ini dikirim melalui gate dengan sidechain input yang dikendalikan sinyal kick drum. Dua sinyal dipadukan: kick drum dan frekuensi osilator pada output gate. Setiap kali kick drum dimainkan, gate terbuka dan melewatkan sinyal dari osilator. Penting untuk menyesuaikan waktu release agar gate tertutup ketika suara kick drum pudar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s