10.2 Mikrofon Kondenser

Mikrofon jenis ini, disebut juga elektrostatik, memiliki kondenser/kapasitor di dalamnya. Salah stau plat kondenser merupakan diafragma mikrofon yang bergetar ketika gelombang akustik mengenainya. Getaran plat menghasilkan variasi pada jarak antara dua plat sehingga mengubah nilai kapasitansinya dan menyebabkan perubahan voltase pada ujung-ujung plat yang menghasilkan arus listrik. Diafragma dibuat dengan mylar (plastik) dilapis dengan emas (konduktor). Pada awalnya perlu disediakan voltase untuk mempolarisasikan kondenser. Voltase ini disebut phantom power dan biasanya disediakan oleh mixer yang terhubungkan dengan mikrofon. Lebih spesifik, setiap channel mixer memiliki tombol yang mengaktifkan phantom power dan mengirim voltase konstan 48 V ke mikrofon.

Diagram berikut mengilustrasikan bagaimana phantom power bekerja: diagram pertama memperlihatkan skema elektrik, dan kedua menunjukkan skema logis, ketiga grafik signal dimana kita memahami sinyal teramplifikasi; amplifikasi voltase ini dibutuhkan karena arus yang dihasilkan mikrofon sangat rendah dan perlu diamplifikasi sebelum tiba pada tahap preamplifikasi mixer.

Gambar 10.3 Phantom power diaplikasikan pada mikrofon kondenser

Phantom power memiliki dua tujuan: untuk mempolarisasi kondenser di dalam mikrofon, dan untuk mengamplifikasi arus yang berasal darinya. Mikrofon kondenser lebih akurat dibandingkan mikrofon elektrodinamik karena diafragmanya terbuat dari material kecil dan ringan sehingga bersensitivitas tingi, sekalipun pada frekuensi tinggi.

Berikut adalah daftar singkat karakteristik utama mikrofon kondenser:

    Diafragma tipis untuk reproduksi frekuensi tinggi yang bagus

    Mudah rusak bila terkena tekanan suara sangat tinggi.

    Sangat rapuh sehingga tidak ideal untuk penampilan live: lebih sesuai untuk pekerjaan studio recording.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s