10.7 Mikrofon Unidireksional

Mikrofon tipe ini memiliki pola polar kardioid. Skema berikut menunjukkan konstruksinya:

Gambar 10.6 Diagram internal mikrofon kardioid

Dibelakang diafragma ada jaringan tunda akustik yang bertugas menunda suara yang berasal dari belakang. Suara dari belakang menstimulasi diafragma, seperti pada kasus mikrofon omnidireksional. Namun, karena lubang samping yang kecil, suara yang sama menembus bagian belakang mikrofon dan berpapasan dengan jaringan tunda yang mengantar suara turun melalui berbagai jalur yang berbeda sehingga menunda kedatangannya di diafragma. Ketika suara tertunda mencapai diafragma, suara mengalami inversi fase dalam hubungannya terhadap suara yang – karena difraksi – mencapai bagian depan mikrofon. Situasi ini menghasilkan penetralan dua suara, eksternal dan internal yang telah tertunda ketika masing-masing tiba di diafragma secara berbeda fase. Dengan cara ini suara dari belakang tereliminasi atau diatenuasi dengan drastis. Jaringan tunda yang sama juga bekerja terhadap suara dari depan: sebagian suara menstimulasi diafragma secara langsung, sedangkan sebagian lain menembus lubang samping dan tiba di diafragma dalam fase setelah melalui jaringan tunda. Hal ini memastikan kedua sinyal saling menambah, menjamin reproduksi setia sinyal frontal yang diperkuat.

Dalam kasus mikrofon kondenser, kehadiran plat posterior menghambat suara mencapai diafragma depan melalui jaringan tunda akustik sehingga teknik yang berbeda digunakan.

Kondenser lain dengan diafragma posterior terpasang ditambahkan. Pada output, sinyal yang berasal dari kondenser posterior terinversi fasenya dan ditambah ke sinyal anterior. Hal ini memungkinkan suara posterior dibatalkan dan anterior diperkuat.

Kita telah melihat bagaimana semakin mengerucut bentuk kardioid semakin terjadi penimbulan lingkaran posterior. Hal ini karena fakta bahwa jaringan tunda tidak bisa membatalkan dengan benar suara yang berasal dari arah dengan sudut yang terlalu kecil terhadap arah pusat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s