Tentang Penulis

Marco Sacco lulus dari jurusan Telecommunications Engineering di La Sapienza University, Roma dengan thesis mengenai image compression algorithms.

Pada tahun 2001 ia mendapatkan diploma Sound Engineering dari SAE – School of Audio Engineering di London. Setelah ia mendapatkan pengalaman kerja dengan berbagai perusahaan amplikasi musik dan studio rekaman dan telah menulis beberapa artikel untuk majalah Sound & Lite, khusus di bidang audio.

Pada tahun 2003 ia menulis sebuah Audio Engineering Course dan menempatkannya di Internet bersama dengan situs audiosonica, seluruhnya membahas Sound Engineering. Pada tahun 2005 ia menerbitkan buku Learning Sound Technique (dalam bahasa Italia). Pada 2008 ia mulai menerjemahkan Multimedia Audio Course ke dalam bahasa Perancis dan Inggris. Saat ini ia bekerja dengan informatics platform untuk Internet dan terlibat secara aktif di pengembangan aplikasi audio Open Source.

Endy Daniyanto lulus dari departemen Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung dengan penelitian berjudul Pengembangan Metode Estimasi Parameter pada Proses Kimia.

Setelah lulus ia mendapatkan pengalaman kerja sebagai Asisten Proyek di Laboratorium Mikrobiologi dan Teknologi Bioproses ITB, mengerjakan berbagai proyek mengenai pengolahan air limbah industri-industri di Indonesia, bekerja sama dengan Kementerian Negara Lingkungan Hidup.

Sambil bekerja, ia terus mengembangkan pengetahuannya mengenai teknologi produksi musik dan terlibat secara aktif di forum-forum audio di Internet, salah satunya Musiktek: forum untuk komunitas digital music dan recording Indonesia. Pada tahun 2008 ia mengikuti dan lulus dari kursus Advanced Music Production dari Sekolah Musiktek (atau Kursus Audio Musiktek)

.

Saat ini, Endy aktif memproduksi karya-karya musiknya dan juga bekerja sebagai Assistant Engineer di salah satu studio produksi musik iklan di Jakarta.

Endy bisa dihubungi via situs pribadinya:
http://endydaniyanto.net

32 responses to “Tentang Penulis

  1. Hendro Suranto,S.H

    Saya sangat berterimakasih kepada Mr. Marco Sasco dan Mr. Endy Daniyanto yang telah bermurah hati membagikan pengetahuannya tentang Sound Engineer dalam bahasa Indonesia. Hal ini sangat bermanfaat khususnya bagi saya yang kemampuan baca bahasa Inggrisnya sangat terbatas.

    Saat ini saya sedang mempelajari teknik setting sound system dan teknik digital recording.
    Saya adalah seorang musisi tanggung yang sedang membuat karya musik sendiri, diciptakan sendiri, direkam sendiri, dinyanyikan sendiri dan didengarkan sendiri dulu nanti kalau sudah bagus baru boleh didengkan orang lain.

    Semoga Tuhan selalu memberkati Mr. Marco Sasco dan Mr. Endy Daniyanto

    • Terima kasih atas doa dan dukungannya Mr. Hendro (waduh, Sarjana Hukum pula. Kok bisa jadi musisi? He he)

      Saya juga musisi independen dan otodidak, blog ini sebagai bagian dari proses pembelajaran saya. Semoga bisa lebih bermanfaat buat Mr. Hendro lebih memperluas pengetahuan yang diperlukan sesuai dengan visi artistik Mr. Hendro.

      Cheers,

  2. Artikel De-Esser mulai dengan mengatakan “Konsonan” adalah huruf “Sss”, bukan kah konsonan itu huruf hidup macam : a i u e o ? dan huruf mati itu disebut “disonant”.
    Tapi artikel nya semua ok…

    • Mas Andri,

      Konsonan adalah huruf mati seperti S, K, M dan kawan-kawan.
      Huruf A, E, I, dkk adalah huruf Vokal.
      Sedangkan Dissonant adalah dua bunyi melodi yang non-harmonis (seperti C dan C#) (dalam bahasa musik, lawannya Dissonant adalah Consonant).

      Salam.

  3. Bersyukur banget pada TUHAN saya mendapatkan materi yang komplet… ucapan terima kasih banget saya sampaikan buat Mr. Marco Sasco dan Mr. Endy Daniyanto atas kesediaannya berbagi dalam hal ilmu… dengan senang hati saya menunggu kelanjutan dari materi bab 7.17… besar harapan saya bisa mendapatkan materi installating dan setting perangkat sound system juga materi tentang perhitungan dalam membuat box speaker… saya turut mendoakan semoga TUHAN memberi kemudahan pada Mr. Marco Sasco dan Mr. Endy Daniyanto dalam memberi pencerahan khususnya saya yang sedang buta hal sound system… good luck !

    • Terima kasih Mr. Achmad,

      Untuk instalasi dan setting perangkat sound system, yang dimaksud perangkat untuk live sound? Saya sendiri juga berada dalam proses belajar, makanya saya menerjemahkan kursus ini. Saya belum tahu pasti apakah ada bab mengenai live sound, tapi sepertinya ada (namun mungkin masih agak jauh sebelum kita membahas hal itu, karena memang materinya lebih rumit dan membutuhkan pemahaman materi dasar-dasar yang sedang dibahas di bab-bab sekarang).

      Salam.

      • Instalasi dan setting perangkat sound system untuk live sound… biarpun agak jauh tidak apa-apa mas… saya akan mengikuti kelanjutan dari materi-materi yang telah ada… kalau boleh tahu berapa rentang waktu penambahan dari setiap materi yang baru mas…

      • Rentang waktu penambahan materi yang baru setiap Selasa dan Kamis Mr. Achmad

  4. wah terimakasih ada refensi tentang ilmu akustik dalam bahasa Indonesia, oh yah saya juga membuat beberapa artikel yang fokus terhadap pemograman Sound Synthesis dengan Csound dan Pure Data . silahkan di review http:// pukulsesuatu.wordpress.com
    terimakasih

  5. o mai got

    this is just what i’m looking for,

    lagi cari2 artikel ttg sound engineering (benar2 interested saya mas), mala nemu course-nya, dan ada yg versi translatednya pula! ahaha, rasanya kayak nemu mainan baru mas, dan mulai berpikir untuk mencoba mendalami sound engineering,

    oke baca2 dulu kursusnya

    sekedar nambahin, abis baca komen di atas, musisi kan ga kenal latar belakang mas, mo sarjana hukum kek, dari tekim kek, (saya sendiri dari mipa) haha, pokoknya musik media pemersatu lah

    oke kembali baca, haha

    thanks buat mas endy
    gracias buat signor marco

  6. mas… punya buku merancang dan menguji sistem spesker ( saduran ) karangan David B Weems… dimana dan bagaimana cara mendapatkannya… terima kasih sebelumnya…

  7. Bagus banget isinya… terima kasih.. ( kalau kuliah bisa habis berapa duit nih yaaa.. hehheheehe )

    • Terima kasih Mas Sofwaan,

      Saya juga mendapatkan ilmu ini dari Marco Sacco yang memang mengajar bahan ini untuk perkuliahan.

  8. oke banget tulisannya mas, sangat berguna buat bangsa ini terutama untuk generasi muda yang mau menggeluti dunia musik… thanks a lot

  9. oh ya mas berdua kalo bisa ulas dong tentang pengoprasian Nuendo 4… thanks lagi ya….

    • Untuk saat ini kita akan konsentrasi membahas audio sesuai dengan kurikulum materi asli (blog ini adalah materi terjemahan dari materi asli).

      Setelah semuanya selesai saya terjemahkan ada kesempatan untuk membahas pengoperasian Nuendo

  10. Blog yang bagus mas..
    makasih udah membantu banget..

    Mau minta tolong donk mas..
    ada gak ulasan tentang stiffness dari sebuah speaker terhadap respon frekuensinya..
    klo ada minta tolong di beri ulasannya..

    makasih sebelumnya..

    • Terima kasih Monica,

      Tentang stiffness speaker terhadap respon, saya kurang paham? Mungkin bisa diulang pertanyaannya, menggunakan istilah yang lebih umum?

  11. wow sy ternganga-nganga stlh ubek2 blog ini
    bener-bener dimanjakan sm kemudahan dlm mndapatkan ilmu
    kalo di bikin buku bisa ratusan ribu ini..
    salut sama Marco Sacco yg mengizinkn ilmunya di share
    salut jg sama Endy Daniyanto yg mntrjemahkan bukan sekedar english to Indonesia, tp bener2 dibuat terstruktur dlm blog ini.
    jadi ada bacaan ne di kantor, btw sy SH yan mo banting stir jd musisi,,wish me luck (curhat)

  12. salam kenal mas Endy..
    waoo..saya baru ketemu da blog yang keren gini.
    saya pengen banget belajar audio multimedia.
    tapi temen saya pernah bilang kalo saya harus belajar dasar harmonisasi suara gitu.tapi saya belum tau caranya yang efektif buat belajar mengenai yang satu ini.gimana ya mas??

    • Untuk saat ini, yang penting adalah memulai. Dengan bermodalkan niat dan semangat, semoga Mas Samuel bisa menemukan urutan pemahaman mengenai audio yang efektif untuk gaya belajar Mas Samuel. Saya rasa tidak harus dari topik tertentu, meski memahami fundamental akan sangat membantu ketika menghadapi konsep-konsep lebih lanjut.

      Dan maksudnya harmonisasi adalah dari segi musikalitas?

      Cheers,

  13. mas… gimana kalau daftar isinya ditulis semuanya sampai akir bab dari buku yang mas terjemahkan… biarpun artikelnya belum ditampilkan… untuk mengurutkan bab dan sub bab yang telah saya copy… masalahnya kadang kala dalam penomeran antar bab ada yang kembar mas… mohon maaf dan terima kasih sebelumnya…

    • Ide itu bisa dilaksanakan, tetapi saya sendiri menerjemahkan daftar isi sesuai dengan artikel yang sudah diterjemahkan. Salah satu pertimbangan adalah agar penerjemahan istilah-istilah konsisten dari awal kurikulum, supaya kalau ada judul sub bab di bab berikutnya tidak mengalami penerjemahan terlebih dulu yang mungkin nanti butuh koreksi lagi.

      Terima kasih Mas Achmad, atas sarannya.

  14. dalam buku ini nanti terakir bab berapa mas.. nanti setelah menterjemahkan buku ini selesai, menterjemahkan materi dari buku yang lain tdk mas.. saya berharap masih menterjemahkan mas.. terima kasih sebelumnya..

    • Halo Mas Achmad,

      Sesuai dengan literatur narasumber, materi mencapai 21 bab. Mengingat saya memulai proyek penerjemahan ini dari tahun 2009, kemungkinan besar terjemahan baru akan selesai sekitar 2-3 tahun lagi. Untuk proyek selanjutnya setelah itu, kita lihat nanti saja perkembangannya Mas; kalau cukup banyak yang rekues akan saya pertimbangkan.

      Terima kasih.

  15. permisi mas,
    artikel yg sangat bagus dan pasti dibutuhkan oleh semua praktisi audio.

    kalo tulisanya ane repost boleh ga?

    trims

  16. artikel yg menarik dan sangat dicari oleh praktisi audio,

    boleh repost ga mas?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s