Daftar Isi

Berikut ini adalah topik-topik yang akan dibahas di dalam kursus audio multimedia. Untuk membaca topik, silakan klik pada judul yang bersangkutan:

Bab 1 Teori suara

1.1. Pendahuluan
1.2. Apakah Suara Itu?
1.3. Propagasi suara
1.4. Sifat suara
1.5. Kombinasi sinusoida murni
1.6. Representasi Waktu-Frekuensi
1.7. Kandungan harmonik dari gelombang
1.8. Bentuk gelombang
1.9. Envelope suara
1.10. Tingkah laku suara

Bab 2 Penginderaan suara

2.1. Pendahuluan
2.2. Telinga manusia
2.3. Penginderaan suara oleh otak manusia
2.4. Beatings
2.5. Volume dan penginderaan frekuensi, distorsi, dan masking
2.6. Efek Doppler
2.7. Efek Haas
2.8. Kurva isofonik – Equal Loudness Contour
2.9 Psychoacoustic
2.10 Lokalisasi Sumber Suara
2.11 Binaural Fusion
2.12 Spektrum Frekuensi Pendengaran

Bab 3 Desibel

3.1 Pendahuluan
3.2 Skala Logaritmik
3.3 Desibel di Bidang Audio
3.4 Inverse Distance Law
3.5 Kombinasi Sumber Suara
3.6 Kuantitas Elektrik dalam Desibel
3.7 Level Standar Operasi
3.8 Rentang Dinamika
3.9 Phonometer

Bab 4 Fundamental Elektronika

4.1 Pendahuluan
4.2 Listrik
4.3 Komponen Elektronik
4.4 Hukum Ohm, Daya, Gaya Elektromotif
4.4 Hukum Ohm, Daya, Gaya Elektromotif (Lanjutan)
4.5 Impedansi Rangkaian

Bab 5 Equalizer dan Filter

5.1 Pendahuluan
5.2 Equalizer
5.3 Filter

Bab 6 Perekam Analog

6.1 Perekam Analog – Pendahuluan
6.2 Fungsi
6.3 Kriteria Proyeksi
6.4 Mode Fungsi
6.5 Partikel Magnet
6.6 Kuantitas Karakteristik Magnet
6.7 Karakteristik Transfer Pita Magnetik
6.8 Siklus Histeresis
6.9 Histeresis Pita Magnet Yang Bergerak
6.10 Arus Bias
6.11 Pemasangan
6.12 Pertimbangan Terakhir

7. Efek dan Prosesor Signal

7. Efek dan Prosesor Signal – Pendahuluan
7.1 Reverb
7.2 Delay
7.3 Phaser
7.4 Flanger
7.5 Chorus
7.6 Pitch Shifter
7.7 Tremolo
7.8 Vibrato
7.9 Distorsi
7.10 Exciter
7.11 Wah-Wah
7.12 Vocoder
7.13 Kompresor
7.15 Kegunaan Kompresor
7.16 De-Esser
7.17 Limiter
7.18 Gate
7.19 Expander

Bab 8 Koneksi

8.1 Koneksi, Kabel, dan Konektor – Pendahuluan
8.1 Koneksi Optik
8.2 Koneksi Elektrik
8.3 Konektor

11 responses to “Daftar Isi

  1. Ping-balik: Coffee Break Sesi Pertama « Kursus Audio Multimedia | Situs Referensi untuk Sound Engineering

  2. Ping-balik: Coffee Break Sesi Kedua « Kursus Audio Multimedia | Situs Referensi untuk Sound Engineering

  3. makasih banyak kang udah sediain kayak ginian.
    tp daftar isinya diupdate donk biar bisa liat smuanya jelas urutan-urutannya, soalnya yg bab 9, 10 pas diklik eh udah bagian keberapa aja tuh, mau liat bagian sebelimnya bingung dah, hehe… sorry banyak minta kang…
    nuhun kang

    • Terima kasih atas sarannya Mas Fery,

      Ya memang bagian daftar isi belum sempat saya update karena lebih fokus ke update material terbaru. Akan segera saya lakukan.

  4. great…

  5. waaahh…trmksh byk bg endy…benar2 mantab bgd dah ,lezat segarrr..pnuh gizi. klw di tambah lg pembahasan nya mengenai teknik2 mixing lebih dalam, sprti treatment vokal,gtr drum dll jg+detail mastering. WAAAHHH..psti tambah segaaaaaaaarrrrrrrrrr..hwe…
    sukses bwd bg endy.

    • Terima kasih Mas Roby. Untuk sementara saya masih mengikuti kurikulum dari teks aslinya. Mungkin setelah terjemahan ini selesai, saya akan lanjut tentang ensiklopedi rekaman dan mixing.

  6. mas… Materi selanjutnya
    masih lama tdk… Sorry mas, saya sudah lapar akan materi selanjutnya..

    • Ya Mas Achmad, selama beberapa bulan kemarin saya mengurus rilis album musik pribadi. Rencananya akan lanjut menerjemahkan artikel-artikel ini.

  7. mo nanya kalo speaker model lawas Bose acoustic mas dgn subwoofer pasif katanya amolinya harus power gede. stereo amplifier apa yg cocok mhn sarannya thx.

  8. Ping-balik: Sound System/ Sistem Tata Suara (Theory) « Primedia's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s